Makanan Sehat Untuk Jantung

Makanan sehat untuk jantung tentunya menjadi salah satu buruan kuliner masyarakat saat ini. Penyakit degeneratif, atau penyakit yang muncul semakin bertambahnya usia merupakan momok bagi masyarakat. Salah satu pencegahannya adalah gaya hidup. Gaya hidup merupakan metode utama untuk mencegah penyakit seperti stroke, penyakit kolesterol tinggi, penyakit darah tinggi, atau penyakit-penyakit jantung dan pembuluh darah yang lain yang mengancam kehidupan seseorang. Berikut ini beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk kesehatan jantung:
  • Sayuran dan Buah-Buahan 
Sayur dan buah menjadi salah satu bagian dari konsumsi manusia sehari-hari. Sebahagian besar menu makanan akan memakai bahan sayur atau buah-buahan. Namun disarankan kita harus bijak dalam mengkonsumsi sayur atau buah tersebut, tujuannya adalah kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk makanan sehat untuk jantung sehingga tidak perlu semua jenis sayur atau buah harus kita konsumsi. Sayur yang mudah didapat dan murah nam
un memiliki kandungan gizi yang tinggi adalah bayam. Bayam mengandung berbagai macam kandungan fitokimia, vitamin, dan mineral. Kandungan gizi dari bayam juga diyakini berkhasiat melawan penyakit jantung serta mempertajam penglihatan.
  • Biji-bijian Kaya Vitamin dan Mineral
Selain sayur dan buah, ternyata biji-bijian juga menjadi salah satu senjata melawan penyakit jantung. Biasa disebut dengan oatmeal, merupakan biji-bijian murni yang kaya akan vitamin, mineral dan serat serta efektif menurunkan kolesterol. Saat ini diet kaya oat menjadi stu trend konsumsi makanan, terutama  bagi mereka yang tidak sempat memasak dan memilih untuk membuat makanan instan.

  • Ikan Salmon, Omega 3 Sangat Baik untuk Jantung
Jika ada yang mengatakan makanan hewani itu tidak sehat untuk jantung, sepertinya untuk jenis ikan yang satu ini tidak berlaku. Ikan salmon saat ini memang masih menjadi olahan makanan untuk kalangan menengah ke atas. Namun hal ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang sangat gemar makanan hewani namun takut terserang penyakit kardiovaskular. Salmon merupakan sumber protein dan lemak asam omega-3 yang sangat baik untuk jantung. Bahkan direkomendasikan seseorang untuk mengkonsumsi ikan ini seminggu sekali untuk mendapatkan keuntungan yang besar bagi kesehatan jantung. Diyakini memang ikan air dingin ini menjadi pilihan makanan sehat untuk jantung kita


"Lebih baik mencegah dari pada mengobati, bukan!!?!!"

No comments:

Post a Comment